https://goo.gl/d2aUPT
Ada beberapa kisah menarik yang dapat dijadikan rujukan dimana Nabi Muhammad saw. telah memberikan contoh teladan dalam menghormati orang lain, bersikap  toleran, dan tidak diskriminatif. Kisah ini diantaranya adalah:
   Pertama, Pada peristiwa haji terakhir (wada'), beberapa waktu menjelang kewafatannya, di hadapan sejumlah besar kaum muslimin, Rasulullah saw bersabda: "Wahai sekalian manusia: Rabb kalian satu, dan ayah kalian satu, Ingat: Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang ajam (non Arab) dan bagi orang ajam (non Arab) atas orang Arab, tidak ada kelebihan bagi orang berkulit merah atas orang berkulit hitam, bagi orang berkulit hitam atas orang berkulit merah kecuali dengan ketakwaan... (HR. Ahmad: 22391).
   Kedua, Dalam sebuah riwayat diceritakan, Suatu hari jenazah pernah lewat di hadapan kami, maka Nabi Shallallahu ’alaihi wasallam berdiri menghormatinya, dan kami pun ikut berdiri. Lalu kami tanyakan: “Wahai Rasulullah, jenazah itu adalah seorang Yahudi.” Maka beliau berkata: “Jika kalian melihat jenazah, maka berdirilah
   Ketiga, Kisah menarik lainnya adalah ketika Nabi diberi hadiah dua perempuan dari Muqauqis, gubernur Mesir. Beliau sudi menikah salah satunya, yaitu Mariah al-Qibthiyah yang beragama Kristen Koptik dan yang satu bernama Sirin dihadiahkan kepada sahabatnya Hasan Bin Tsabit. Maria inilah yang kemudian melahirkan anak Nabi bernama Ibrahim yang meninggal semasa kecil. Setelah menerima Mariah, beliau pun berpesan kepada sahabatnya Umar. “Umar nanti Islam akan sampai ke Mesir berkat tanganmu (perjuanganmu). Kalau nanti Islam sudah sampai ke Mesir, saya pesan keluarganya bibimu ini (keluarga Mariah) jangan kamu ganggu.” Begitu kata Nabi. Sejarah pun akhirnya membuktikan, Islam sampai ke Mesir setelah Umar dan Amr bin Ash berhasil menaklukkan kota Mesir. Setelah sampai ke Mesir Umar teringat akan pesan Rasulullah, beliau kemudian tidak mengganggu orang-orang Kristen Koptik yang ada disana. Hingga sekarang Kristen koptik ini masih hidup damai di Mesir.
Kembali ke Materi
Belajar Toleransi dari Rasulullah saw.
Copyrigh © 2017 Subair STAIN Parepare